KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT
DENGAN METODE P2R PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 04 KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG
TAHUN PELAJARAN 2008/2009

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Berbahasa pada dasarnya adalah proses interaktif komunikatif yang menekankan pada aspek-aspek bahasa.

Kemampuan memahami aspek-aspek tersebut sangat menentukan keberhasilan dalam proses komunikasi. Aspek-aspek bahasa tersebut antara lain keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Secara karakteristik, keempat keterampilan itu berdiri sendiri, namun dalam penggunaan bahasa sebagai proses komunikasi tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Hal ini menunjukkan bahwa bahasa merupakan keterpaduan dari beberapa aspek. Salah satu aspek keterampilan berbahasa adalah keterampilan membaca. Keterampilan membaca selalu ada dalam setiap tema pembelajaran (Tarigan, 1994:6).

1.2 Rumusan Masalah
Adapun masalah yang akan diteliti dalam proposal ini dirumuskan sebagai berikut:
  1. Bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca cepat pada siswa kelas V SD Negeri Klepu 04 Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang pada tahun pelajaran 2007/2008 setelah mengikuti pembelajaran dengan metode P2R ?
  2. Bagaimanakah format (bentuk) pembelajaran menggunakan metode P2R sehingga meningkatkan keterampilan membaca cepat pada siswa kelas V SD Negeri Klepu 04 Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang pada tahun pelajaran 2007/2008 ?
  3. Bagaimanakah respons siswa dalam pembelajaran menggunakan menggunakan metode P2R sehingga meningkatkan keterampilan membaca cepat pada siswa kelas V SD Negeri Klepu 04 Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang pada tahun pelajaran 2007/2008 ?
1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut;
  1. mendeskripsi peningkatan keterampilan membaca cepat siswa kelas V SD Negeri Klepu 04 Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang pada tahun pelajaran 2007/2008 setelah mengikuti pembelajaran dengan metode P2R.
  2. menghasilkan format atau bentuk pembelajaran menggunakan metode P2R sehingga meningkatkan keterampilan membaca cepat pada siswa kelas V SD Negeri Klepu 04 Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang pada tahun pelajaran 2007/2008.
  3. mengetahui respons siswa dalam pembelajaran menggunakan menggunakan metode P2R sehingga meningkatkan keterampilan membaca cepat pada siswa kelas V SD Negeri Klepu 04 Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang pada tahun pelajaran 2007/2008.
>>File Terkait Silahkan Download dibawah ini:

>Download Abstrak
>Download Daftar Isi
>Download Bab I
>Download Bab II
>Download Bab III
>Download Bab IV
>Download Bab V
>Download Bab VI

1 komentar:

edupelajaran mengatakan...

Pembahasan Tentang Capita Letters
Contoh Recount Text
Pembahasan Direct-Indirect
Teknik meningkatkan kecepatan

membaca

Tiga Keterampilan dalam Menghadapi

Ujian

Poskan Komentar