Perancangan Basis Data

PROPOSAL TUGAS AKHIR

1.1 Judul Tugas Akhir
“Perancangan Basis Data Untuk Inap Tamu Pada Hotel Siliwangi Semarang”

1.2 Latar Belakang
Hotel merupakan perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang penginapan, persaingan diantara hotel – hotel yang ada di tanah air akan memacu setiap hotel untuk mengembangkan pelayanan terhadap para calon tamu. Dengan peningkatan pelayanan yang ada pada setiap hotel, akan memberikan kepuasan yang lebih pada setiap tamu yang ada.
Jadi untuk meningkatkan kwalitas pelayanan maka perlu mempelajari berbagai kelemahan-kelemahan pelayanan yang ada serta mulai memikirkan suatu sistem informasi yang akan dapat menunjang pelayanan kepada para tamu
Kinerja karyawan dapat dimaksimalkan dengan sistem yang akan dapat menyediakan data secara cepat, melakukan koreksi secara tepat serta dapat menyediakan laporan secara cepat dan akurat sesuai dengan yang diinginkan oleh pimpinan.
Tumpukan berkas atau dokumen check in dan check out yang biasanya menumpuk pada meja atau gudang akan dapat dikurangi dengan suatu sistem informasi serta akan menghemat kertas kerja.
Untuk menghasilkan laporan harus menyusun satu per satu yang disebabkan belum adanya integrasi antar tabel, data – data yang ada masih memungkinkan adanya pengkodeaan yang sama sehingga akan sulit dalam malkukan pencarian.
Untuk itu di Hotel Siliwangi Semarang dibutuhkan suatu perancangan basis data yang akan mampu mengatasi :

1. Disintegrasi data
Yang semula antara data tamu dan data inap tidak terkoneksi
2. Data redudansi.
Dalam satu tabel masih terdapat nomor tamu yang sama
3. Data inkonsistensi
Data tidak selalu tetap.

1.3 Perumusan Masalah
Dari permasalahan yang diungkap pada latar belakang di atas maka dapat dirumuskan tentang bagaimana merancang suatu basis data inap tamu pada Hotel Siliwangi Semarang.

1.4 Pembatasan Masalah
Rancangan hanya meliputi tabel tamu, tabel fasilitas, tabel kamar, tabel inap, tabel pemakaian fasilitas dan tabel bayar

1.5 Tujuan Tugas Akhir
Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk merancang basis data untuk sebuah sistem inap tamu pada Hotel Siliwangi Semarang.

1.6 Manfaat Tugas Akhir
Dapat memberikan alternatif atau pilihan dalam merancang sistem inap tamu berdasarkan rancangan basis data yang baik.

1.7 Metode Penelitian
Dalam penyusunan tugas akhir ini perlu adanya suatu metode tertentu yang akan digunakan dalam pengumpulan data yang diperoleh dengan cara sebagai berikut :

Silahkan Download dibawah ini:
>>Download Rangkuman
>>Download Proposal

0 komentar:

Posting Komentar