KULTUR ORGANISASIONAL

HUBUNGAN ANTARA ANGGARAN PARTISIPATIF DAN KINERJA MANAJERIAL DENGAN MOTIVASI, KULTUR ORGANISASIONAL DAN PELIMPAHAN WEWENANG SEBAGAI VARIABEL MODERATING

I. LATAR BELAKANG MASALAH
Penganggaran (budgeting) merupakan salah satu perencanaan dan pengendalian manajemen perusahaan. Efektifitas pelaksanaan anggaran terwujud bilamana didukung oleh orang-orang, baik manajer maupun karyawan yang ada dalam organisasi. Para pemimpin maupun bawahan secara bersama-sama atau sendiri-sendiri mempunyai kepentingan terhadap pencapaian tujuan organisasi (Sardjito, 2005).

Partisipasi adalah suatu proses dimana individu-individu terlibat didalamnya dan mempunyai pengaruh pada penyusunan target anggaran yang kinerjanya akan dievaluasi dan kemungkinan akan dihargai atas pencapaian target anggaran mereka (Brownell dalam Sukardi, 2004). Selain itu partisipasi sebagai suatu proses pengambilan keputusan bersama antara dua pihak atau lebih, yang akan membawa pengaruh pada masa yang akan datang bagi para pembuat keputusan. Selanjutnya pengertian partisipasi dipertegas oleh Kennis dalam Sukardi (2004), partisipasi adalah tingkat keikutsertaan manajer dalam menyusun anggaran dan pengaruh anggaran tersebut terhadap pusat pertanggungjawaban manajer yang bersangkutan.

II. PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian di atas, permasalahan pokok yang akan diteliti dapat dirumuskan sebagai berikut:

1. Apakah anggaran partisipatif berpengaruh terhadap kinerja manajerial?
2. Apakah motivasi berpengaruh terhadap hubungan antara anggaran partisipatif dengan kinerja manajerial ?
3. Apakah kultur organisasional berpengaruh terhadap hubungan antara anggaran partisipatif dengan kinerja manajerial ?
4. Apakah pelimpahan wewenang berpengaruh terhadap hubungan antara anggaran partisipatif dengan kinerja manajerial ?

III. TUJUAN PENELITIAN
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
  1. Untuk menganilisis pengaruh anggaran partisipatif terhadap kinerja manajerial.
  2. Untuk menganilisis pengaruh motivasi terhadap hubungan antara anggaran partisipatif dengan kinerja manajerial.
  3. Untuk menganilisis pengaruh kultur organisasional terhadap hubungan antara anggaran partisipatif dengan kinerja manajerial.
  4. Untuk menganilisis pengaruh pelimpahan wewenang terhadap hubungan antara anggaran partisipatif dengan kinerja manajerial.

IV. MANFAAT PENELITIAN
1. Manfaat Teoritis
Untuk mengkonfirmasi hasil dari penelitian yang tidak dilakukan oleh peneliti sebelumnya terutama yang berkenaan dengan variabel motivasi, kultur organisasional dan pelimpahan wewenang sebagai reaksi kontijensi yang mempengaruhi hubungan antara anggaran partisipatif dengan kineria manajerial. Selain itu juga dapat memberikan masukan pada pengembangan literatur akuntansi manajerial dalam penelitian berikutnya.

Silahkan Download artikel yang berkaitan dibawah ini:
>>Daftar Pustaka

>>Download Artikel Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar